Yupiter Talaumbanua

Piter merupakan salah satu mahasiswa yang kerap menyampaikan kritik baik secara langsung maupun melalui media sosialnya beberapa diantaranya menimbulkan kontroversi. Masuk Scientiarum mengawalinya dari Jurnalis Magang dan mengikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar Mahasiswa tahun 2021, PJD dan PJL yang diselenggarakan oleh Scientiarum. Saat ini dipercayakan sebagai Pimpinan Umum Scientiarum periode 2022.

Nama lengkapnya adalah Yupiter Telaumbanua. Beliau dilahirkan di salah satu daerah terpencil Nias Selatan, Sumatera Utara, pada tanggal 15 September 1997. Beliau merupakan anak pertama dari lima bersaudara. Setelah lulus SMA Negeri 3 Gunungsitoli, Nias. Ia melanjutkan kuliah pada jurusan Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK UKSW) tahun 2017. Namun tidak selesai, setelah kuliah dua tahun di FKIK ia memutuskan pindah ke fakultas Hukum UKSW tahun 2019.

Selain aktif kuliah, ia juga aktif mengikuti kegiatan dan kepanitian di kampus diantaranya; Ketua Angkatan 2017 FKIK UKSW, anggota kesekretariatan Panitia OMB 2019, anggota kesekretariatan sekaligus merangkap Koordinator Fasilitator OMB 2020 aras Universitas, Panitia Dies Natalis UKSW 2020, Ketua Panitia PR III CUP Askarseba 2020, dan kepanitiaan lainnya. Tidak hanya aktif di kampus beliau juga aktif di berbagai organisasi eksternal kampus diantaranya; Sekretaris IKAONI, Ketua Forum PERANTARA Kota salatiga, Sekjen Forum PERANTARA, Sekretaris DPC HIMNI Kota Salatiga, Anggota bidang Pemuda dan Olahraga DPD HIMNI Jawa Tengah, Sekfung Perguruan Tinggi GMKI Cabang Salatiga, Co Founder ILUMNI SMANTIG, dan beberapa organisasi lainnya.

Meskipun tidak menjadi fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan beliau telah mengikuti semua tahap Pelatihan Kepemimpinan terstruktur di Kampus mulai dari LDKM, LMKM, LLKM, dan pelatihan SWLC yang pertama kalinya diadakan sejak ditetapkan. Berkat pelatihan tersebut membekalinya dalam memimpin Pers Mahasiswa Scientiarum saat ini.

“Saat ini selain fokus menyelesaikan tugas-tugas kuliah, sebelum akhir periode sudah menjadi tanggungjawab saya bersama-sama pengurus mengupayakan peningkatan kualitas produk Jurnalistik, bentuk media publikasi, metode pelatihan dan pola pengkaderan sudah harus tuntas.”

Pitter

Pelatihan-pelatihan Jurnalistik:

  1. Magang Scientiarum 2019.
  2. Pelatihan Jurnalistik Dasar (PJD) 2022.
  3. Pelatihan Jurnalistik Lanjutan (PJL) 2022.

Karya Jurnalistik:

  1. Membaca Pesan Bung Karno melalui Kemah Kebangsaan Provinsi Jawa Tengah 2022 (Liputan Khusus).