Siasat
Siasat oh Siasat
/

SIASAT oh SIASAT

/
319 dilihat

Senin sore (09/05), ponsel pintarku berdering. Notifikasi pesan masuk melalui surel (surat elektronik). Subjeknya sangat menyita perhatianku,

“Revisi jadwal mata kuliah Sem. Antara 2021/2022.”

Pesan singkat yang dikirim pihak kampus untuk menginformasikan bahwa terdapat perubahan jadwal SIASAT yang dilandasi alasan sebagian mahasiswa belum melakukan pembayaran dan validasi pembayaran atas Tagihan Registrasi Ulang, bersamaaan dengan waktu pengambilan mata kuliah pada semester Antara 2021/2022, mengenai hal tersebut mempengaruhi traffic  jaringan.

Pukul 07:35 alarm yang sudah aku atur membangunkanku. Lekas aku menyalakan Laptop di meja, siaga menunggu giliran untuk melakukan SIASAT. Strategi membuka browser dalam mode samaran demi merebut beberapa kelas yang ditarget tidak ku lakukan, menimbang pihak kampus dalam surel memohon agar setiap mahasiswa tidak membuka siasat.uksw.edu lebih dari 1 perangkat.

Waktu SIASAT ku akhirnya tiba. “Siasat.uksw.edu” aku ketik di browser, muncul tampilan beranda, aku pun senang, sepertinya koneksi internet ku tidak bermasalah. Langkah selanjutnya, NIM dan password aku input. “Klik!” Tidak cukup sekali, “Klik!” Tidak ada respon dari website SIASAT. “Klik! Klik! Klik!”. Oke, sebaiknya aku menunggu. 27 detik aku perlukan untuk dapat login, menurut catatan stopwatch pada ponsel pintar yang telah aku siapkan sebelumnya.

Baru beberapa detik, 1300 user bertambah menjadi 1700. Aku penasaran untuk kembali melakukan perhitungan ulang. Stopwatch aku putar bersamaan dengan “Klik” pindah navigasi Registrasi Mata kuliah. Hasilnya, 1 menit 18 detik yang diperlukan untuk menyelesaikan request ke server! Total aku menghabiskan 4 sampai 5 menit untuk mendapatkan satu kelas matakuliah. Selamat!

Kebutuhan kelasku telah terpenuhi. Santuy! Se-santuy musik jazz yang akan diadakan pihak kampus dalam acara Leaders Forum dengan tema “Indonesia 2045 Sebuah Blueprint” pada hari ini (10/05). Kabar anginnya, ini bukan kegiatan bagi mahasiswa namun menghabiskan dana mahasiswa sebesar 1,2 milyar. Jika website siasat.uksw.edu diperbarui dan diperbaiki dengan nilai dana yang sama, aku berandai andai dengan santuy!

Opini: Elyan Mesakh Kowi
Desainer: Gavra Justine Samuel Sihombing
Redaktur Pelaksana: Otniel Budi Denizar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Next Story

Janin Otoriter Lembaga Kemahasiswaan: Sebuah Ironi