Pelatihan Jurnalistik
/

Asah Kemampuan Kritis-Prinsipil, Scientiarum UKSW Luncurkan Pelatihan Jurnalistik Dasar (JD)

/
441 dilihat

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Scientiarum menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Dasar (PJD) di gedung F309 di hari Jumat (27/05/22) dan Sabtu (28/05/22). Kegiatan PJD diselenggarakan bertujuan untuk mengenal, mengetahui dan mendalami seluk beluk jurnalistik, dengan harapan anggota Scientiarum dapat menyajikan informasi yang humanitas dan kritis-prinsipil.

Kegiatan ini dihadiri tiga pemateri yakni Mila Yefriza (Redaktur Tagar.id), Budhi Widi Astuti, M.A. (Dosen Ilmu Komunikasi FISKOM UKSW dan Station Manager Radio Elisa FM Salatiga) dan Vinka Agusta (Alumni Scientiarum UKSW).

Setiap pemateri menyajikan pokok materi yang beragam. Pada hari pertama (Jumat 28/05/2022), Mila Yefriza menyajikan materi tentang kondisi yang berkaitan dengan penyajian berita.

Di hari kedua (Sabtu 28/05/2022) materi pertama mengenai Straight News dan Feature News yang dibawakan oleh Vinka Agusta. Dalam materi tersebut, Vinka Agusta juga membahas gaya penulisan Jurnalisme Sastra yang perlu diperdalam lebih lanjut. Adapun pembahasan lainnya seperti 9 elemen dasar jurnalistik, nilai-nilai berita,  kerangka penulisan (straight news) dan tahapan pada redaksi.

Sesi berikutnya dimulai pukul 12.20 dengan materi yang disajikan oleh Ibu Astuti, Dosen Fiskom yang saat ini menempuh pendidikan doktor di UGM. Pada sesi ini, Ibu Astuti membahas Pers, Asas Pers, dan Etika Jurnalistik.

“Scientiarum harus independent dan tidak boleh diintervensi oleh pihak manapun,” pesannya dalam pemaparan materi tersebut.

Reporter: Elyan Mesakh Kowi
Redaktur Pelaksana: Otniel Denizar
Desainer: Fuad Yoga 
Fotografer: Fuad Yoga

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Previous Story

Apakah Audiensi itu Solusi?

Next Story

Hidupkan Mimpi! Drama Musikal FBS, Bertajuk Tangled