Aksi Baik Fans K-Pop Itu Banyak! Kami Menanam Ribuan Pohon dan Masih Terus Menanam!

/
468 dilihat

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar tentang fans K-Pop? Fanatis? Tidak nasionalis? Boros? Suka ribut di Twitter? Sederet stigma yang muncul ini mungkin keluar dari mulut orang-orang yang belum benar-benar tahu soal K-pop. Orang-orang yang tahunya cuma permukaan dan orang-orang yang sukanya ngejek kalau Kpopers itu pecinta plastik. BTW, mainmu kurang jauh bos!

Faktanya, fans K-Pop yang selama ini dianggap sebagai anak muda labil hilang arah ini, telah bertransformasi menjadi anak-anak muda keren yang punya kontribusi nyata bagi masyarakat, lingkungan, bahkan negara. Lha, kamu yang suka nyinyir-nyinyir pecinta plastik bisa apa? Bisa jadi beban masyarakat?

Kini para fans K-pop yang tergabung dalam kantong-kantong fandom ini tak sekadar memanfaatkannya sebagai kendaraan perang di Twitter. Para fandom ini bersatu padu menciptakan mobilisasi yang melibatkan partisipasi aktif para fans K-Pop di berbagai fokus isu. Salah satunya isu lingkungan.

Oke, kita mulai dari yang paling umum dan mungkin sudah pernah kamu dengar. Yup, #SavePapuaForest pernah nangkring di trending Twitter seharian sebagai upaya resistensi terhadap aksi pembakaran hutan yang secara sengaja dilakukan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Papua. 

Temuan yang berawal dari publikasi BBC Indonesia ini kemudian menyebar di kalangan fans K-Pop dan tanpa menunggu waktu lama mereka membanjiri timeline Twitter dengan artikel, video, tagar, dan tentunya kecaman pada pelaku pembakaran.

Tak heran, aksi baik fans K-Pop tersebut menuai pujian dari berbagai kalangan pihak utamanya pemerhati lingkungan.

Oh iya, fans K-Pop ini juga bukan hanya ramai di Twitter loh! Kalau ada orang yang masih nyinyir “Modal ngetweet doang mah sepele”, berikut kami lampirkan beberapa bukti/portfolio aksi nyata para fans kpop dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan!

Banyak kok fans K-Pop yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk berdonasi pohon dan melakukan penanaman pohon. Selain mengeluarkan sejumlah uang, beberapa dari mereka juga ikut terjun langsung di lapangan untuk membantu pelaksanaan penanaman. Enggak percaya? Ini ceritanya!

Aksi Baik Fans K-Pop Tanam 69.396 Pohon Bersama LindungiHutan

Angka yang fantastis bukan? Kami mencatat aksi baik fans Kpop bersama LindungiHutan sejak tahun 2016 hingga 2023 telah berhasil menanam 69.396 pohon di berbagai lokasi tersebar di Indonesia. Jumlah tersebut berasal dari 17.532 donatur yang ikut mendonasikan pohon bersama LindungiHutan di 272 Kampanye Alam yang terselenggara. 

Bayangkan, ada 17 ribu fans K-Pop yang menanam pohon untuk mengupayakan pelestarian lingkungan dan dampak-dampak positif lainnya. Jadi kalau ada yang bilang Kpopers enggak ada kontribusinya buat masyarakat, coba tanya balik ke diri sendiri, situ ngapain?

Adapun, motif aksi baik fans Kpop ini bermacam-macam. Biasanya, enggak jauh-jauh dari perayaan ulang tahun K-Pop artis, debut album boyband favorit, sampai personil yang comeback. Beberapa contoh Kampanye Alam yang sudah terlaksana bisa lihat di sini, sini, dan sini!Nah, salah satu Kampanye Alam paling sukses yang diinisiasi oleh Kpopers bersama LindungiHutan berasal dari kampanye “1000 Pohon untuk BTS Jimin (Jimin’s Birthday Project)”. Kampanye Alam ini sukses menanam 8704 pohon Mangrove Rhizophora di Desa Bedono, Kabupaten Demak.

Selain itu, masih ada empat aksi baik fans K-Pop yang disalurkan melalui inisiasi Kampanye Alam. Berikut empat dengan jumlah pohon terbanyak

Dalam rangka merayakan hari jadi Bangtan (Anniversary), salah satu dari perwakilan ARMY Indonesia merayakan momen spesial ini dengan menanam mangrove. Total ada 2.575 Mangrove rhizophora yang sukses ditanam di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

Kali ini datang dari NCTzenunion INA, salah satu komunitas berbasi musik K-Pop yang berasal dari Korea. Dalam rangka merayakan project NCT 2020, NCTzen menanam Mangrove rhizophora sebanyak 2020 pohon di Pantai Bahagia Bekasi.

Aksi Baik fans K-Pop lainnya datang dari BTS ARMY INDONESIA. Untuk menyambut anniversary BTS yang ke-9, Wingsofbangtan berkolaborasi bersama Tim #FESTAPora dan BTS Army Indonesia melakukan penanaman mangrove di Cilacap, Jawa Tengah. Totalnya, ada 1737 pohon yang ditanam.

Dalam rangka mendukung pelestarian lingkungan di Indonesia sekaligus merayakan ulang tahun Seulgi yang ke-27, SEULMATES menginisiasi Kampanye Alam bersama LindungiHutan. Total, ada 635 Mangrove rhizophora yang ditanam di Bontang Mangrove Park, Kota Bontang.

Kampanye Alam yang diinisiasi oleh EXO-L ini dalam rangka merayakan ulang tahun Park Chanyeol pada 27 November 2020. Total, ada 1.642 pohon Mangrove rhizophora yang ditanam di Pantai Bahagia Bekasi.

LindungiHutan juga sempat ngobrol dengan fans Kpop yang juga merupakan campaigner (Sebutan bagi mereka yang menginisiasi Kampanye Alam), namanya Elia.

Elia merasa bahwa merayakan idolanya bersama LindungiHutan menjadi opsi yang patut dicoba karena memang jumlah uang yang dikeluarkan untuk penanaman pohon tidaklah banyak. Elia juga menambahkan bahwa Kampanye Alam yang diinisiasi harapannya bisa ikut membantu dan mengambil bagian untuk mewujudkan lingkungan lebih baik dan hijau.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk ikut menanam pohon bersama LindungiHutan bisa langsung kunjungi www.lindungihutan.com! Cek juga apa yang sudah kami lakukan selama ini DI SINI! Yuk rayakan momen spesial kamu dan orang tersayang dengan memberikan manfaat yang lebih luas bagi lingkungan dan masyarakat!

 Link video penanaman untuk embed: https://www.youtube.com/watch?v=y7grZMs6_JM&pp=ygURTGluZHVuZ2lIdXRhbiBCVFM%3D

Artikel ini merupakan kolaborasi antara LPM Scientiarum dan LindungiHutan. LindungiHutan merupakan platform galang dana untuk konservasi hutan dan lingkungan di berbagai daerah se-Indonesia. Lebih dari 6 tahun LindungiHutan telah mengabdikan diri terhadap hutan kita. Satu Pohon, Sejuta Kehidupan -LindungiHutan “Jika pohon mampu bicara, mungkin mereka akan mengutuk kita. Bila pepohonan mengikuti amarah mereka, mungkin manusia sudah musnah dari dunia.” LindungiHutan juga aktif di media sosial instagram dengan username @lindungihutan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Previous Story

Dunia Mahasiswa: Titip Predikat Kurang Aktif pada Si Cerdas, “Tolong Jangan Jauhi!”

Next Story

Pers Mahasiswa: Percaya Atau Tidak?