/

Kesalahan Gramatika Jaket Varsity Sudah Teratasi

/
588 dilihat

Historically College established itu maksudnya gmn min?”

komen @faithjonathanl pada salah satu unggahan di akun instagram @uksw_salatiga.

Pada Kamis ( 2/3 ) lalu Divisi Promosi dan Komunikasi Publik (DIVPROM) UKSW melalui unggahan di akun instagram resmi @uksw_salatiga. Menampilkan pose Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang menggunakan jaket varsity UKSW, pemberian simbolis dari Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami, di hari terakhir gelaran “Gelar Inovasi Harmoni Nusantara”.

Unggahan tersebut mengundang berbagai respon pada kolom komentar. Terlepas dari komentar antusias tentang peluncuran jaket varsity UKSW tersebut, beberapa komentar malah ‘salah fokus’ pada penggunaan kalimat “Historically College Established in 1956” yang tersemat di bagian atas dada kanan jaket tersebut. 

“Sebagai lulusan JPBS Inggris UKSW saya malu. Itu tulisana (sic) secara gramatika salah. Panitia atau admin bisa konsultasikan (sic) ke dosen2 (sic) FBS. Perlu mengerti pentingnya penulisan Bahasa Inggris dengan gramatika yang benar. This is embarassing (sic),” ketik akun @jamesduta.

Adit, salah satu mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) program studi Pendidikan Bahasa Inggris juga menyadari hal yang sama terkait kesalahan gramatika pada jaket Varsity tersebut. 

“Melihat dari fotonya juga ada kesalahan gramatika, penggunaan katanya masih kurang cocok,” jelas Adit. 

Gabriel Yohanes Putra, seorang mahasiswa FBS angkatan 2019 dengan disiplin ilmu Sastra Inggris berpendapat, bahwa letak kesalahan dari kalimat di jaket tersebut ada pada penggunaan kata yang kurang tepat.  

“Dosenku pernah bilang, cara paling mudah untuk proofread (memeriksa kesalahan teks –red) salah satunya adalah dengan dibaca secara lantang. Contohnya historically college established itu kan di telinga saja sudah aneh,” jelasnya.

Gabriel juga mengharapkan pihak kampus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada FBS, serta melakukan pengecekan kualitas sebelum dipublikasikan.

“Semoga official merchandise gitu ada quality control-nya,” pungkasnya.

Menanggapi adanya kesalahan gramatika pada jaket tersebut, dosen berinisial AP yang pernah mengajar di program studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS, menerangkan bahwa penggunaan kalimat tersebut memang salah secara gramatika. Jika ditilik dari segi kebahasaan, “Historically” merujuk pada adverb/kata keterangan, maka sebaiknya tidak dipakai untuk menjelaskan noun/kata benda, kata benda yang dimaksud adalah “College” (merujuk pada kampus UKSW).

Lebih lanjut, dosen tersebut menjelaskan bahwa secara aturan kelas kata, kalimat tersebut lebih sesuai jika menggunakan kata sifat/adjective seperti halnya kata “historic” atau “historical”. Beliau menyarankan kata “historic” sebagai opsi terbaik, karena lebih tepat dengan kalimatnya.  

Sepaham dengan pernyataan tersebut, dosen FBS lain yang dihubungi oleh AP melalui pesan WhatsApp, memiliki kesamaan pendapat terkait adanya kesalahan gramatika pada jaket varsity tersebut. 

Gamaliel Septian Airlanda, S.Pd., M.Pd selaku Kepala DIVPROM UKSW melalui pesan singkat kepada salah satu wartawan Scientiarum, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak yang telah memberikan saran dan masukan untuk permasalahan tersebut, sehingga kesalahan gramatika pada jaket varsity UKSW bisa segera teratasi.

“Untuk fenomena jaket varsity UKSW, saat ini jaket sedang dalam masa perbaikan sehingga permasalahan tersebut sudah teratasi. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sangat sayang UKSW dengan memberikan masukan-masukannya untuk perbaikan, khususnya pada kesalahan bahasa Inggris pada jaket,” jelasnya.

Reporter: John Edwin Junior, Alexander Pedro, Nikolas Genta Ragil Subagya

Penulis: Reyvan Andrian Kristiandi

Editor: Cyntia Trisetiani Baga

Ilustrasi/Desain: Julius Henry Krisnaputra, Imanuel Satya Adi Nugroho

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Previous Story

Mahasiswa FTI Keluhkan Kendala Wi-Fi yang Sudah Berlangsung Lama

Next Story

Memperingati Ulang Tahun Prodi dengan Expo di FTI